Abstract :
Kantin kejujuran merupakan wadah yang berada disekolah, upaya sekolah
dalam menanamkan kejujuran dan mencegah ketidak jujuran di tegakkan sejak dini.
Salah satu sekolah yang menerapkan kantin kejujuran sebagai pembiasaan peseta
didik hadir di MTs Mathla?ul Anwar Pasar kemis.
Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui Pengelolaan dan Penerapan kantin kejujuran sebagai media pembentuk
karakter jujur di MTs Mathla?ul Anwar Pasar Kemis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang
dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang lebih
menekankan analisisnya pada proses penyimpulan secara induktif serta analisis
terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati, dengan menggunakan
logika. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan
dokumentasi dan teknik pengolahan data dilakukan dengan teknik editing,
klasifikasi data dan interpretasi data. Sedangkan untuk menganalisis data
menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bagaimana 1) pengelolaan kantin kejujuran
menurut fungsi manajemen terlihat telah mencakup semua bagian dari perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Penerapan kantin kejujuran juga
diharapkan oleh jajaran sekolah untuk tetap berjalan dan berkembang, kemudian siswa juga menyukai kantin tersebut. Kemudian problematika, dari guru sebagai
pengelola kantin adalah kadang terbenturnya waktu, adapun dari siswa adalah
karakter siswa baru yang masuk tiap tahun berbeda jadi disanalah tantangannya.
Dan juga variasi dagangan yang mana tidak semua yang siswa mau, barang atau
makanan ada di kantin.