Abstract :
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran dari kurikulum
pendidikan di Indonesia. Tujuan mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam ialah
untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berperilaku toleran atau bisa
saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Agama Islam memiliki
peran penting dalam membentuk karakter siswa sebagai individu yang memiliki
sikap moderasi dan toleransi dalam beragama. Sikap Moderasi dan ini sangat
diperlukan di lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang
kondusif bagi siswa dari berbagai latar belakang agama. Implementasi sikap
moderasi dan toleransi beragama juga bisa mengajarkan bahwa perbedaan agama
bukalah suatu masalah, melainkan sumber keragaman yang ada di Indonesia.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Sikap Moderasi dan Toleransi
Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 1 Cikande. Dan penelitian ini bertujuan : 1) mengetahui
sikap moderasi siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cikande, 2)
mengetahui sikap toleransi siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1
Cikande, dan 3) mengetahui implementasi sikap moderasi dan toleransi beragama
siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cikande.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Sikap moderasi siswa yaitu dengan cara
bersikap jujur, bersikap adil, menyadari akan adanya perbedaan dan menghormatin
sesama lain. 2). Sikap toleransi siswa yaitu dengan cara saling menghargai
perbedaan dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang-orang dari
latar belakang yang berbeda, dan saling mengingatkan. 3). Implementasi sikap
moderasi dan toleransi beragama siswa yaitu dengan cara saling menghargai dan
menghormati, tidak mengekspresikan tentang keyakinan secara berlebihan,
menghargai hak individu untuk memilih keyakinan dan cara hidup yang mereka
anut, tidak bersikap berlebihan terhadap sesuatu yang dapat memicu konflik, serta
dengan cara menghormati yang tua dan menyayangi yang muda.