Abstract :
Supervisi sebagai salah satu pengawasan manejemen, dalam pelaksanaannya
supervisi dekat dengan istilah inspeksi, penilikan monitoring, penilain atau
evaluasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan menjelaskan teknik yang
digunakan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi, menjelaskan
kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah pada saat menggunakan teknik
tersebut dan bagaimana cara mengatasinya, menjelaskan kekurangan dan
kelebihan teknik tersebut. Perlu adanya peningkatan kualitas guru, karena guru
merupakan salah satu unsur penting dalam penyelanggaraan pendidikan di sekolah
agar terciptanya pendidikan yang berkualitas. Salah satu upaya dalam meningkatkan
kinerja guru yakni dengan supervisi. Dalam hal ini peneliti menggunakan
penelitian lapangan yang berbentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh
tentang Teknik supervisi kepala sekolah untuk peningkatan kualitas guru PAI
di SDIT Nurul Hidayah bisa dikategorikan baik. Teknik supervisi yang
dilakukan kepala sekolah SDIT Nurul Hidayah adalah teknik individu.
Teknik individu dilakukan dengan cara kunjungan kelas dan dalam
menyelesaikan suatu permasalahan dilakukan secara pribadi atau perorangan
antara guru yang bersangkutan dan kepala sekolah. Kelebihan teknik
kunjungan kelas dapat memberi pemahaman mendalam, umpan balik
langsung, dan pembelajaran kolaboratif. Sedangkan kekurangan teknik yaitu
waktu dan biaya, subjektivitas, pertumbuhan profesional guru, dan pengaruh
terhadap pengajaran.Untuk permasalahan dan kendala yang sering dihadapi
kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi, diharapkankaan kepala sekolah
dapat menangani permasalahan tersebut dan lebih meluangkan waktu untuk
mensupervisi tenaga kepandidikan sehingga supervisi dapat dilakukan secara
merata pada setiap tenaga kependidikan. Untuk peneliti yang ingin meneliti
tentang supervisi kepala sekolah diharapkan bisa menemukan permasalahan
yang lebih konkrit.