DETAIL DOCUMENT
TEKNIK SUPERVISI KEPALA SEKOLAH UNTUK PENINGKATAN KUALITAS GURU PAI DI SDIT NURUL HIDAYAH KOTA SERANG BANTEN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
SEPTIANI, ASRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-03-26 03:29:01 
Abstract :
Supervisi sebagai salah satu pengawasan manejemen, dalam pelaksanaannya supervisi dekat dengan istilah inspeksi, penilikan monitoring, penilain atau evaluasi. Penelitian yang dilakukan bertujuan menjelaskan teknik yang digunakan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi, menjelaskan kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah pada saat menggunakan teknik tersebut dan bagaimana cara mengatasinya, menjelaskan kekurangan dan kelebihan teknik tersebut. Perlu adanya peningkatan kualitas guru, karena guru merupakan salah satu unsur penting dalam penyelanggaraan pendidikan di sekolah agar terciptanya pendidikan yang berkualitas. Salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja guru yakni dengan supervisi. Dalam hal ini peneliti menggunakan penelitian lapangan yang berbentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh tentang Teknik supervisi kepala sekolah untuk peningkatan kualitas guru PAI di SDIT Nurul Hidayah bisa dikategorikan baik. Teknik supervisi yang dilakukan kepala sekolah SDIT Nurul Hidayah adalah teknik individu. Teknik individu dilakukan dengan cara kunjungan kelas dan dalam menyelesaikan suatu permasalahan dilakukan secara pribadi atau perorangan antara guru yang bersangkutan dan kepala sekolah. Kelebihan teknik kunjungan kelas dapat memberi pemahaman mendalam, umpan balik langsung, dan pembelajaran kolaboratif. Sedangkan kekurangan teknik yaitu waktu dan biaya, subjektivitas, pertumbuhan profesional guru, dan pengaruh terhadap pengajaran.Untuk permasalahan dan kendala yang sering dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi, diharapkankaan kepala sekolah dapat menangani permasalahan tersebut dan lebih meluangkan waktu untuk mensupervisi tenaga kepandidikan sehingga supervisi dapat dilakukan secara merata pada setiap tenaga kependidikan. Untuk peneliti yang ingin meneliti tentang supervisi kepala sekolah diharapkan bisa menemukan permasalahan yang lebih konkrit. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang