Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keaktifan Siswa Dalam
Berorganisasi Dengan Hasil Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 4 Kota
Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu bertujuan untuk
mengetahui bagaimana Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi
Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Penelitian ini
dilaksanakan di Kota Tangerang yang berlangsung selama 3 bulan, mulai dari tanggal
23 juni - 24 Agustus 2023. Teknik penentuan sampel dilakukan secara sensus dengan
22 orang siswa dengan melalui dua variabel yaitu variabel bebas berupa keaktifan
berorganisasi dan variabel terikat berupa prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini
menunjukkaan adanya pengaruh keaktifan berorganisai Ikatan Pelajar Muhammadiyah
(IPM) terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Tangerang,
berdasarkan hasil analisis pengujian hipotesis dan pembahasan yang telah dilakukan
sebelumnya, maka kesimpulan yang dihasilkan pada penelitian ini adalah sebagai
berikut: Hasil uji t dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak berarti
terdapat pengaruh keterlibatan siswa dalam kegiatan organisasi terhadap prestasi belajar
siswa SMA Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Hipotesis alternatif (H1) yang
berbunyi: ada pengaruh yang signifikan antara keterlibatan siswa dalam kegiatan
organisasi terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 4 Kota Tangerang
diterima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa keterlibatan siswa dalam kegiatan organisasi
berpengaruh dengan prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 4 Kota Tangerang.
Dengan perkataan lain, keterlibatan siswa dalam kegiatan organisasi dengan prestasi
belajar siswa adalah positif yang berarti pengaruhnya signifikan dan kotribusinya nyata.