DETAIL DOCUMENT
PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs AL-ISLAMIYAH CILEDUG TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
REZA ALFAZRI, MUHAMMAD
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-05-13 02:59:30 
Abstract :
Skripsi ini dilatar belakangi pada saat ini masih banyak kita jumpai guru Pendidikan Agama Islam yang menyampaikan materi pelajaran hanya dengan metode ceramah khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak, hal ini membuat peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik dengan apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Hal yang seperti inilah yang membuat pelajaran (Akidah Akhlak) banyak kurang diminati oleh peserta didik dan isi dari materi yang disampaikan guru tidak akan dapat dipahami secara mendalam oleh peserta didik. Maka dari itu seorang guru harus mampu membuat susana belajar yang nyaman dan menarik baik dari segi metode, cara penyampaian dan strategi mengajar. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui Pengelolaan Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII Di MTS Al-Islamiyah Ciledug Tangerang. Untuk mengetahui apa kendala yang di hadapi Guru Mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTS Al-Islamiyah Ciledug Tangerang. Dan mengetahui pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTS Al-Islamiyah Ciledug Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1). Pengelolaan sumber belajar di MTs Al-Islamiyah terbilang sudah cukup baik, karena disisi lain alat bantu dalam proses belajar sudah baik dengan sumber yang ada seperti Buku paket, serta menggunakan Video visual sebagai media pembelajaran. 2). Kendala yang dihadapi guru akidah akhlak dalam pengelolaan sumber belajar adalah banyak peserta didik yang kurang dalam menghafal karena sumber belajar yang dipakai nya untuk pembelajaran belum didapati oleh peserta didik. Dan proses pembelajaran pada saat itu hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru bidang studi. 3). Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al- Islamiyah pada saat ini peserta didik masih belum mempunyai sumber belajar seperti LKS (Lembar Kerja Siswa) ini menjadi salah satu faktor penghambat dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Islamiyah. Dan yang menjadi faktor pendukung nya adalah peserta didik turut aktif dalam pembelajaran tersebut walaupun keterbatasan sumber belajar, dan cara penyampaian guru bidang studi Aqidah Akhlak yang begitu sampai dipahami oleh peserta didik. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang