Abstract :
Pondok Pesantren Daarul Hikmah Jambu Karya Rajeg adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang sangat memperhatikan dan memprioritaskan pembelajaran kitab kuning, melalui metode-metode yang diterapkan dalam pembelajarannya guna untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning. Metode tersebut antara lain adalah sorogan, bandungan, hafalan, praktek atau demonstrasi. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang ?Penerapan Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Awamil Mandaya Di Pesantren Daarul Hikmah Jambu Karya Rajeg?.
Untuk mencapai hasil yang baik perlu adanya metode yang efektif guna mempermudah proses berhasilnya belajar para santri dalam mempelajari kitab kuning khususnya pada kitab Awamil Mandaya yang penulis teliti. Karena tanpa metode yang baik maka tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning akan sulit untuk dicapai.
Metode sorogan adalah metode tradisional yang sampai sekarang masih digunakan untuk proses belajar mengajar para santri di Pondok Pesantren khususnya Pesantren Salafi. Metode sorogan dipandang sangat efektif, karena metode sorogan ini didasari tujuan pokoknya yaitu untuk membaca kitab dengan cara tepat, memahami isinya dan juga mampu untuk menjelaskannya atau mengungkapkan dari isi bacaan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisi datanya penulis menggunakan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data pada skripsi ini dapat disimpulkan bahwa metode sorogan merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam keberhasilan untuk meningkatkan kemampuan belajar santri dalam membaca kitab kuning khusunya kitab Awamil Mandaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab Awamil Mandaya sangat efektif.