Abstract :
Pengembangan materi tes ketrampilan menyimak menggunakan moodle, penelitian ini yaitu untuk mengembangkan materi tes menggunakan moodle di kelas III Aliyah pondok pesantren nurul falah, untuk mengetahui besar konstribusi media pembelajaran berbasis moodle dalam meningkatkan hasil menyimak siswa, serta untuk mengetahui perubahan perilaku siswa setelah menggunakan media berbasis moodle. Prosedur pengembangan media berbasis moodle dikembangkan dengan 5 tahapan yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Media pembelajaran berbasis moodle yang telah dirangkai selanjutnya diukur keefektifitasannya. Berdasarkan hasil test penggunaan media pembelajaran berbasis moodle. Sebelum penerapan Moodle untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa, nilai menyimak siswa kelas III Aliyah Pondok Pesantren Nurul Falah masih rendah yaitu sebanyak 20 siswa. Ada 11 siswa yang telah menyelesaikannya, terhitung 55%. Hasil kemampuan menyimak siswa kelas III Aliyah Pondok Pesantren Nurul Falah setelah dilaksanakan materi tes keterampilan menyimak menggunakan Moodle yaitu jumlah siswa yang tuntas pada post test I (siklus I) sebanyak 20 siswa berjumlah 15 atau persentasenya 75 % Kemudian pada Post Test II (Siklus II) dari 20 siswa, lulus 20 siswa atau persentasenya 100%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat tinggi, sehingga jelas pada siklus II kemampuan menyimak siswa telah mencapai tingkat ketuntasan klasikal yang telah ditentukan.