Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman teks Bahasa Arab melalui penerapan model Cooverative Integrated Reading and Compistion di kelas IX MTs Al Hidayah Kabupaten Tangerang. Aktifitas siswa dalam pembelajaran bahasa Arab tidak terlepas dari bagaimana cara dan strategi guru untuk melibatkan siswanya dalam kelas, dengan demikian metode dalam rangkaian sistem pembelajaran memegang peran penting. Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran tergantung pada cara guru menggunakan metode pembelajaran, karena strategi pembelajaran hanya mungkin dapat diimplementasi melalui metode pembelajaran. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Actoins Research). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki atau meningkatkan ptaktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional. Dapat disimpulkan bahwa metode CIRC sangat membantu siswa dalam memahami teks Bahasa Arab. Pada tindakan I diketahui bahwa jumlah responden dengan kategori baik sekali sebanyak 13 responden 52%, jumlah responden dengan kategori baik sebanyak 9 responden 36%, dan responden dengan kategori cukup sebanyak 3 responden 12%. Dan pada tindakan II diketahui bahwa jumlah responden dengan kategori baik sekali sebanyak 20 responden 80%, dan jumlah responden dengan kategori baik sebanyak 5 responden 20%.