Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
DINDA, RISTY NUR ANISA RAHMA
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2024-10-16 03:08:34
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perilaku Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTsN 3 Kota Tangerang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalaha pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Perilaku Guru (variabel X) dan Hasil Belajar (variabel Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner dalam bentuk pertanyaan 11 butir pertanyaan untuk variabel perilaku guru dan 12 butir pertanyaan untuk variabel hasil belajar. Dengan Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN 3 Kota Tangerang. Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik sampling random atau diambil secara acak. Sumber data diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh 117 responden dari kelas VII.1, VII.2, VIII.1 dan VIII.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat signifikan < 0,05% yaitu variabel Perilaku Guru dengan nilai sig 0,000 < 0,05%. Maka hipotesis Ho diterima dan Hi ditolak. Jadi hasil belajar bahasa arab siswa dipengaruhi oleh perilaku guru. Dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi, bahwa besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 53,8%. Berdasarkan keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perilaku guru terhadap hasil belajar siswa dan 46,2% di pengaruhi oleh variabel lain.