DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X DI MAN 2 KOTA TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
HALIM, WILDAN
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2024-10-16 03:10:47 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Tangerang, serta apa saja pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas X di MAN 2 MAN Tangerang. 2 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa arab dan siswa kelas X MAN 2 kota tangerang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rencana penyampaian pembelajaran (RPP) yang dirancang oleh guru bahasa Arab di MAN 2 Kota Tangerang sudah memenuhi unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi, Selain itu guru bahasa Arab menerapkan pembelajaran berbasis HOTS ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran, terlihat dari bagaimana siswa melaksanakan pada tataran taksonomi Bloom yaitu menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Pada tahap penilaian pembelajaran, guru menginstruksikan siswa untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi yang tertuang dalam soal keterampilan, dimana guru menggunakan KKO pada level C4 (Menganalisis) dan C6 (Menciptakan), dimana KKO mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Faktor pendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yaitu media pembelajaran, lingkungan sekolah dan sumber belajar yang memadai, persepsi positif guru terhadap penerapan pembelajaran berbasis HOTS, dan kualifikasi guru yang memadai. Kendalanya adalah lambatnya kemampuan belajar siswa dan terbatasnya sarana prasarana pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang