Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
HIDAYAT, ZAHRA ALESYHA PUTRI
Subject
L Education (General)
Datestamp
2024-10-18 08:18:58
Abstract :
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pendidikan karakter menurut Ibnu Hazm Al-Andalusy 2) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi pendidikan karakter menurut Ibnu Hazm Al-Andalusy pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII Mts Al-Mubarok. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung penerapan pendidikan karakter menurut Ibnu Hazm Al-Andalusy pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII Mts Al-Mubarok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Konsep pendidikan karakter Ibnu Hazm meliputi 3 komponen dalam pembentukan akhlak, diantaranya: 1) Moralitas dan Perilaku, 2) Membuang Kecemasan dan 3) Tatakrama di majlis Ilmu. Untuk implemetasi pendidikan karakter di Mts Al-Mubarok ini adalah: 1) mengadakan Shalat berjamaah di waktu dzuhur dan ashar dan selalu memulai KBM dengan membaca Do?a dan Asmaul Husna, 2) Tidak boleh menggunakan sepatu kedalam toilet, 3) Selalu mencontohkan kalau berbagi itu tidak harus mengharapkan imbalan, 4) Tidak bolehnya menunda pekerjaan rumah (PR) dan 5) Selalu mengedepankan kejujuran. Kemudian Untuk faktor penghambatnya tidak adanya buku paket Akidah Akhlak, dan untuk pendukungnya ada di orang tua, sebisa mungkin dalam pembelajaran non formal atau dirumah orang tua dapat mencontohkan hal-hal baik kepada anak.