Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Minhajul Muslim karya Abu Bakar Jabir Al-Jazairi. (2) untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Minhajul Muslim dengan kurikulum Merdeka Belajar. Obejak dari penelitian ini adalah kitab Minhajul Muslim. Jenis penelitian ini menggunakan penalitian library research atau penelitian kepustakaan. Sumber data berdasarkan sumber data primer (Pokok) dan sekunder (penunjang atau pendukung). Sifat penelitian berupa deskriptif kualitatif dimana metode yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai apa adanya, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi (conten analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Minhajul Muslim sangat relevan dengan program P5 dalam kurikulum merdeka belajar. Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Minhajul Muslim, yaitu: (1) akhlak mulia, (2) bertawakal kepada Allah SWT, (3) sabar menghadapi cobaan, (4) mementingkan orang lain (itsar), (5) adil dan seimbang, (6) kasih sayang, (7) malu, (8) akhlak kebajikan, (9) akhlak juju, (10) kedermawanan, (11) rendah hati (tawadhu?), memiliki kesamaan dengan enam komponen Program P5 yang mencakup (1) beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, (2) berkebhinekaan global, (3) bernalar kritis (4) gotong royong, (5) mandiri, dan (6) kreatif.