Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui (1) Upaya guru Pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTsN 3 Kab
Tangerang. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat
upaya guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat
berjamaah siswa di MTsN 3 Kab Tangerang. Objek dari penelitian ini adalah guru
PAI dan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari guru PAI yang diperoleh
dari lapangan, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi teknik,
trianggulasi sumber, dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa berbagai Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTsN 3 Kab Tangerang,
seperti memberikan teladan, menjadikan pembiasaan, memberikan nasihat dan
motivasi, berperas sebagai administrator, memberikan dorongan, dan menegakan
kedisiplinan. Secara keseluruhan efektif dalam meningkatkan kedisiplinan shalat
berjamaah di kalangan siswa. Pendekatan ini membantu menciptakan lingkungan
yang mendukung praktik ibadah yang konsisten dan meningkatkan akhlak siswa
dalam kehidupan sehari-hari mereka.