Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
SUWANDI, NABILLA ZZAHRA SABRINA PUTRI
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2024-10-22 08:24:19
Abstract :
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan beberapa negara lain berdampak
pada semua sektor termasuk sektor pendidikan. Pemerintah terpaksa mengeluarkan
kebijakan belajar dari rumah secara daring dengan menggunakan beberapa apliksi
pendukung belajar seperti Google Classroom, WhatsApp Group, dan Zoom untuk
memutus mata rantai penularan virus Covid-19 yang saat ini sudah berjalan kurang lebih
2 tahun lamanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media
daring di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui
masalah-masalah apasaja yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran menggunakan
media daring, dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan media daring
ini dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 7 Kabupaten Tangerang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan
data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang peneliti gunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media daring
pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kurang efektif. Untuk meningkatkan efektivitas
penggunaan media daring pada mata pelajaran bahasa Arab, diharapkan pihak sekolah,
guru, dan orangtua siswa dapat bekerjasama dalam mengawasi dan membimbing proses
belajar siswa.