DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENGGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 KABUPATEN TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
SUWANDI, NABILLA ZZAHRA SABRINA PUTRI
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2024-10-22 08:24:19 
Abstract :
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan beberapa negara lain berdampak pada semua sektor termasuk sektor pendidikan. Pemerintah terpaksa mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah secara daring dengan menggunakan beberapa apliksi pendukung belajar seperti Google Classroom, WhatsApp Group, dan Zoom untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19 yang saat ini sudah berjalan kurang lebih 2 tahun lamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media daring di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui masalah-masalah apasaja yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran menggunakan media daring, dan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan media daring ini dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media daring pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kurang efektif. Untuk meningkatkan efektivitas penggunaan media daring pada mata pelajaran bahasa Arab, diharapkan pihak sekolah, guru, dan orangtua siswa dapat bekerjasama dalam mengawasi dan membimbing proses belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang