Abstract :
Beberapa kesulitan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar atau mempelajari bahasa Arab khususnya yang banyak dialami oleh siswa yang baru belajar secara umum yaitu salah satunya adalah kesulitan dalam membaca bahasa Arab. Kesulitan ini tentu dapat diatasi dengan seberapa inovatif guru dalam pengajaran bahasa Arab tersebut, dan bagaimana lingkungan siswa itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Sedangkan teknik pengambilan datanya yaitu melalui observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks cerita bahasa Arab. Adapun subjek yang diambil yaitu pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Tangerang.
Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa ada dua faktor yang menyebabkan siswa kesulitan membaca teks bahasa Arab, di antaranya: faktor internal dan faktor eksternal. Pertama, faktor internal yang mencakup latar belakang pendidikan siswa, ketertarikan siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab, dan kurangnya bekal pengetahuan tentang nahwu dan shorof yang dimiliki oleh siswa. Kedua, faktor eksternal yang mencakup faktor sikap guru dalam proses pembelajaran dinilai kurang antusias, kurangnya media pembelajaran yang digunakan dan metode pembelajaran yang kurang menarik.