DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KOSAKATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN FLASH CARD (PENELITIAN TINDAKAN KELAS KELAS VII SMPIT LATANSA CEDEKIA TANGERANG)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
PUTRI, FAIZA SYAMIRA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-10-30 04:44:30 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa masih kesulitan dalam memahami kosa kata bahasa Arab dan juga kurangnya pembendaharaan kosakata bahasa Arab. Kosentrasi belajar siswa kurang serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik khususnya dalam pembelajaran pada materi kosakata bahasa Arab, yang mengakibatkan kemampuan memahami kosakata bahasa arab siswa rendah. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menggunakan media flash card. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan dalam memahami kosakata bahasa Arab menggunakan media flash card pada siswa kelas VII SMPIT Latansa Cendekia yang berjumlah 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa : hasil peningkatan kemampuan memahami kosa kata bahasa Arab siswa setelah diterapkan media flash card. Pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 8 (36,36%) dan yang tidak tuntas 14 (63,64%). Pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik dan sudah mencapai indicator keberhasilan yang diinginkan yaitu siswa yang tuntas 18 (81,82%) dan siswa yang tidak tuntas 4 (18,18%). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami kosakata bahasa arab dengan menggunakan flash card siswa kelas VII SMPIT Latansa Cendekia. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang