Abstract :
Bahasa Arab merupakan bagian dari islam, Mempelajari Bahasa Arab sangat penting, terlebih sebagai umat muslim, karena kitab suci al-Quran diturunkan dengan menggunakan bahasa arab.akan tetapi masih banyak di temukan siswa yang belum mampu menggunakan dan memahami bahasa arab dengan baik,. Salah satu model aktif dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab adalah metode ?Al Hiwar?. Metode ?Al Hiwar? Menurut bahasa adalah percakapan, dialog atau berbicara. Penelitian ini berrtujuan untuk mengetahui implementasi metode hiwar dalam pembelajaran bahasa Arab dan kendala yang dihadapi serta faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode ini khususnya dalam proses pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs Hudatul Umam Pasir Awi Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif yakni melalui metode kualitatif dan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian uji keabsahan data penelitian ini dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs Hudatul Umam Pasir Awi Tangerang . dilakukan dengan tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun dalam penerapan metode al hiwar dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah metode tersebut, namun dalam penerapannya juga terdapat beberapa faktor yang menghambat yaitu mufradat, kepercayaan diri siswa dan terdapat beberapa siswa yang belum mampu membaca huruf arab. Adapun faktor yang mendukung penerapan metode al hiwar adalah minat peserta didik, buku ajar, dan pendidik yang kreatif.