Abstract :
ABSTRAK
Pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Minat Masyarakat Berwakaf Uang
Secara Digital (Studi Kasus Masyarakat Poris Gaga Kota Tangerang).\
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana gambaran persepsi
masyarakat terhadap minat masyarakat berwakaf uang secara digital studi kasus
masyarakat Poris Gaga Kota Tangerang, (2) mengetahui persepsi masyarakat
berpengaruh terhadap minat masyarakat berwakaf uang secara digital studi kasus
masyarakat Poris Gaga Kota Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Sedangkan analisis
data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik dengan menggunakan
program SPSS 25 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 54% responden berpendapat bahwa persepsi
masyarakat berpengaruh terhadap minat berwakaf uang digital, dipengaruhi oleh
faktor pengetahuan. (2) Menunjukan bahwa nilai signifikasi variabel persepsi
masyarakat bernilai (0,000 < 0,05), sedangkan nilai thitung sebesar 11.399 > ttabel
1,984. Maka t hitung lebih besar dari t-tabel artinya ho ditolak dan ha diterima.
Maka adanya pengaruh positif yang signifikan antara persepsi masyarakat terhadap
minat berwakaf uang secara digital. Saran untuk lembaga penghimpun dana wakaf,
khususnya yang menghimpun wakaf uang digital sebaiknya lebih aktif dalam
memberikan promosi dan literasi edukasi kepada masyarakat agar masyarakat lebih
tertarik dan berbondong-bondong berwakaf uang digital dan mengetahui manfaat
apa saja yang akan didapatkan.
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat,Wakaf Uang Digital,Minat