Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
BERLIANA SETIAWAN, JUNITA
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2024-11-25 04:10:40
Abstract :
Implementasi Khiyar Dalam Jual Beli Online (Studi Kasus Pada Penjual Sepatu Di Marketplace
Lazada Indonesia)
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui prinsip khiyar dalam konsep ekonomi islam,
(2) untuk mengetahui implementasi khiyar dalam jual beli online pada marketplace Lazada
indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena dalam penelitian ini data
yang dihasilkan adalah berupa data deskriptif yang diperoleh dari data-data tulisan, kata-kata dan
dokumen yang berasal dari sumber atau informan yang diteliti atau dipercaya. Dengan jenis
penelitiannya adalah studi kasus. Data primer yakni yang bersumber dari penjual yang di
wawancarai. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Berdasarkan hasil penelitian
peneliti mengambil kesimpulan bahwa implementasi khiyar dalam jual beli online (studi kasus
pada penjual sepatu di marketplace Lazada Indonesia harus dilaksanakan dengan berpedoman
pada prinsip An Taradin Minkum dan prinsip La Tazhlimuna wa la Tuzhlamun. (2) Bahwa pada
prakteknya telah menerapkan khiyar walaupun dari segi pengetahuan dan literasi mengenai
khiyar dari pihak penjual belum sepenuhnya mengerti dan paham mengenai khiyar bahkan ada
yang baru pertama kali mendengarnya. hiyar yang telah diterapkan pada ketiga penjual ini dalam
menjalankan usahanya adalah khiyar aib? dan khiyar syarat. Kepada semua pelaku usaha di
bidang perdagangan online maupun offline khususnya pada marketplace lazada untuk memahami
sepenuhnya konsep jual beli dan konsep khiyar dalam menjalankan bisnis online, jangan hanya
mengutamakan keuntungan tanpa mempertimbangkan perlindungan konsumen sebagai pembeli
dalam usaha jual beli online.
Kata kunci: Khiyar, Implementasi