Abstract :
Kedai Wildan adalah salah satu rumah makan yang sering dikunjungi. Tidak
sedikit rumah makan yang kewalahan untuk melayani para pelanggan ketika
ramai. Pelangganpun merasa tidak nyaman jika pelayanan dalam kedai wildan
tidak maksimal. Salah satu permasalahannya adalah sistem pemesanan menu yang
masih menggunakan cara manual dan pelangganpun harus datang kelokasi untuk
bisa memesan menu yang ada. Hal itu dinilai tidak efektif dan efisien mengingat
terbatasnya pegawai yang tidak sebanding dengan ramainya pengunjung yang
datang. Sehingga diperlukan sistem yang dapat mempermudah pemesanan menu
pada Kedai Wildan. Oleh karena itu, dibuatlah sistem pemesanan menu makanan
dan minuman berbasis website yang memudahkan para pelanggan maupun
pegawai. Metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data yang terdiri
dari metode observasi, metode wawancara, metode studi pustaka, serta meliputi
metode analisis menggunakan metode PIECES, metode pengembangan sistem
menggunakan metode extreme programming, dan perancangan yang dilakukan
menggunakan metode Unified Modelling Languange (UML). Untuk pengujian
sistemnya menggunakan Black Box Testing, yaitu proses login, kelola data menu,
dan melihat invoice pemesanan. Dengan adanya sistem informasi pemesanan
menu ini diharapkan dapat membantu mempermudah pemesanan menu dan
memperluas area pemasaran sehingga menambah jumlah costumer.