DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 02 TELUK NAGA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
SYABILLA, ADINDA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-12-11 11:23:18 
Abstract :
Hubungan Pembelajaran Pendiidkan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional di SMPN 02 Teluk Naga Penelitian dilatar belakangi karena kurangnya perhatian masyarakat umum terhadap kecerdasan emosional, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kecerdasan emosional peserta didik di sekolah SMPN 02 Teluk Naga . Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini terdiri dari 315 peserta didik, sampel penelitian berjumlah 76 peserta didik yang diperoleh dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumen. Validitas skala diakukan menggunakan skala likert dan analisi butir dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh kemudian dianalisis engan menggunakan analisis deskriptid dan uji hipotesis dengan menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh (1) ada hubungan signifikan antara pembelajaran pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional peserta didik sebesar 57.8%,(2) Terdapat hubungan signifikan dan positif dengan pengujian hipotesis dengan menunjukkan t-hitung sebesar 0,780 sedangkan t-tabel sebesar 0,2664 artiya t-hitung 0,780 > t-tabel 0,2664 dan signifikan (0,00<0,05). Kata kunci:Pembelajaran PAI, kecerdasan emosional, peserta didik 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang