Abstract :
Hubungan Pembelajaran Pendiidkan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional
di SMPN 02 Teluk Naga
Penelitian dilatar belakangi karena kurangnya perhatian masyarakat umum
terhadap kecerdasan emosional, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
hubungan antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kecerdasan
emosional peserta didik di sekolah SMPN 02 Teluk Naga . Pendekatan dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif.
Populasi penelitian ini terdiri dari 315 peserta didik, sampel penelitian berjumlah
76 peserta didik yang diperoleh dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan
data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumen.
Validitas skala diakukan menggunakan skala likert dan analisi butir dan uji
reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis engan menggunakan analisis deskriptid dan uji hipotesis dengan
menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan,
diperoleh (1) ada hubungan signifikan antara pembelajaran pendidikan agama Islam
dengan kecerdasan emosional peserta didik sebesar 57.8%,(2) Terdapat hubungan
signifikan dan positif dengan pengujian hipotesis dengan menunjukkan t-hitung
sebesar 0,780 sedangkan t-tabel sebesar 0,2664 artiya t-hitung 0,780 > t-tabel
0,2664 dan signifikan (0,00<0,05).
Kata kunci:Pembelajaran PAI, kecerdasan emosional, peserta didik