Abstract :
Pengaruh Kegiatan Literasi Digital terhadap
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI di
SMPI Nurul Hikmah Kabupaten Tangerang
Pada saat ini dimana dunia digital sangatlah pesat
umumnya para siswa dapat merasakan kemajuan
teknologi yang bisa mereka gunakan untuk mengerjakan
sesuatu atau mendapatkan informasi yang berguna
baginya. Digitalisasi telah menjadi pendorong utama
perubahan, membawa dampak signifikan terhadap cara
manusia berinteraksi, bekerja, dan belajar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantatif. Data
penelitian diperoleh dari observasi, angket, dokumentasi.
Data dianalisa dengan rumus persentase, rumus interval
skor dan kategori, uji koefisien determinasi, uji regresi
linear sederhana, uji t dan uji lainnya. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMPI Nurul Hikmah
Kabupaten Tangerang yang seluruhnya berjumlah 132
siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple
random sampling. Sampel ditentukan dengan rumus
slovin didapatkan sampel berjumlah 100 siswa. Hasil
penelitian ini adalah (1) Tingkat literasi digital siswa
SMPI Nurul Hikmah Kabupaten Tangerang yang berada
pada kategori ?sedang? dengan presentase sebesar 39%.
(2) Tingkat hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di
SMPI Nurul Hikmah Kabupaten Tangerang yang berada
pada kategori ?sedang? dengan presentase sebesar 41%.
(3) Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana nilai
signifikansi (0,00) < (0,05) maka dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima dan H0 ditolak bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi
digital (X) terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI (Y).
Berdasarkan hasil uji t maka didapat nilai 13,661 dengan
taraf signifikansi 5%, maka diperoleh nilai thitung (13,661)
> (1,98397) ttabel maka dapat diambil kesimpulan bahwa
Ha diterima dan H0 ditolak maka dapat diartikan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
literasi digital (X) terhadap hasil belajar mata pelajaran
PAI (Y).
Kata kunci: Literasi digital, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam