DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEGIATAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI SMPI NURUL HIKMAH KABUPATEN TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
ATMOJO, AKBAR FEBIAN DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-12-11 11:22:45 
Abstract :
Pengaruh Kegiatan Literasi Digital terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI di SMPI Nurul Hikmah Kabupaten Tangerang Pada saat ini dimana dunia digital sangatlah pesat umumnya para siswa dapat merasakan kemajuan teknologi yang bisa mereka gunakan untuk mengerjakan sesuatu atau mendapatkan informasi yang berguna baginya. Digitalisasi telah menjadi pendorong utama perubahan, membawa dampak signifikan terhadap cara manusia berinteraksi, bekerja, dan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, angket, dokumentasi. Data dianalisa dengan rumus persentase, rumus interval skor dan kategori, uji koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, uji t dan uji lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPI Nurul Hikmah Kabupaten Tangerang yang seluruhnya berjumlah 132 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel ditentukan dengan rumus slovin didapatkan sampel berjumlah 100 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat literasi digital siswa SMPI Nurul Hikmah Kabupaten Tangerang yang berada pada kategori ?sedang? dengan presentase sebesar 39%. (2) Tingkat hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di SMPI Nurul Hikmah Kabupaten Tangerang yang berada pada kategori ?sedang? dengan presentase sebesar 41%. (3) Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana nilai signifikansi (0,00) < (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi digital (X) terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI (Y). Berdasarkan hasil uji t maka didapat nilai 13,661 dengan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh nilai thitung (13,661) > (1,98397) ttabel maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi digital (X) terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI (Y). Kata kunci: Literasi digital, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang