Abstract :
Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pada Peserta Didik
Kelas VIII Di MTs Al-Mu?in Tangerang.
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar merupakan perwujudkan dari
tujuan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.hasil belajar yang
didapat oleh peserta didik merupakan apresiasi yang diberikan oleh pendidik
setelah peserta didik tersebut mengikuti kegiatan belajar dengan waktu yang
ditentukan. Idealnya, jika peserta didik memiliki minat belajar yang tinggi, maka ia
memiliki hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
ada Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah
penelitian korelasi, yaitu menjelaskan tentang ada tidaknya hubungan antara
variabel X (minat belajar) dengan variabel Y (hasil belajar). Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Al-Mu?in, yang berjumlah 60
peserta didik. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah sampling jenuh, yaitu pegambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian, dan
sampel yang akan diambil yaitu seluruh peserta didik kelas VIII A Dan B.
Menggunakan rumus validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas.
Perhitungan angka korelasi antara variabel X dan variabel Y tidak bertanda negatif,
berarti diantara kedua variabel antara variabel X dan variabel Y bertanda positif.
Yaitu terdapat hubungan antara minat belanja dengan hasil belajar. Karena
keduanya kuat.yaitu Minat belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas VIII di
MTs Al-Mu?in tergolong baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pencapaian
peserta didik, nilai yang dicapai oleh peserta didik kelas VIII di MTs Al-Mu?in
sudah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Berdasarkan perhitungan
diperoleh nilai probabilitas signifikansi korelasi (Sig.) = 0,000. Ini berarti nilai sig.
< nilai a ( 0,000 < 0,05 ), maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dan
apabila dihitung dengan t hitung sebesar 3,416 dengan nilai signifikansi sebesar (
0,000 < 0,05 ), sedangkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5.788 > 1,671).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
terkait hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta
didik kelas VIII di MTs Al-Mu?in Tangerang.
Kata Kunci: Minat Belajar, Aqidah Akhlak, Hasil belajar