DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTSAL-MU’IN TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
NABILAH, ALYA RONA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-12-11 11:02:05 
Abstract :
Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Al-Mu?in Tangerang. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar merupakan perwujudkan dari tujuan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik.hasil belajar yang didapat oleh peserta didik merupakan apresiasi yang diberikan oleh pendidik setelah peserta didik tersebut mengikuti kegiatan belajar dengan waktu yang ditentukan. Idealnya, jika peserta didik memiliki minat belajar yang tinggi, maka ia memiliki hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, yaitu menjelaskan tentang ada tidaknya hubungan antara variabel X (minat belajar) dengan variabel Y (hasil belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Al-Mu?in, yang berjumlah 60 peserta didik. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu pegambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian, dan sampel yang akan diambil yaitu seluruh peserta didik kelas VIII A Dan B. Menggunakan rumus validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas. Perhitungan angka korelasi antara variabel X dan variabel Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel antara variabel X dan variabel Y bertanda positif. Yaitu terdapat hubungan antara minat belanja dengan hasil belajar. Karena keduanya kuat.yaitu Minat belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik kelas VIII di MTs Al-Mu?in tergolong baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pencapaian peserta didik, nilai yang dicapai oleh peserta didik kelas VIII di MTs Al-Mu?in sudah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai probabilitas signifikansi korelasi (Sig.) = 0,000. Ini berarti nilai sig. < nilai a ( 0,000 < 0,05 ), maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dan apabila dihitung dengan t hitung sebesar 3,416 dengan nilai signifikansi sebesar ( 0,000 < 0,05 ), sedangkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5.788 > 1,671). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terkait hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII di MTs Al-Mu?in Tangerang. Kata Kunci: Minat Belajar, Aqidah Akhlak, Hasil belajar 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang