Abstract :
Peneliti ini dilatar belakangi untuk menggambarkan peran kepala sekolah dalam
meningkatkan kualitas guru dan bertujuan untuk menganalisa dan meraih jawaban:
1. Untuk mengetahui kualitas guru Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Fitroh
Cipondoh Kota Tangerang, 2. Untuk mengetahui bagaimana peran Kepala Sekolah
dalam meningkatkan kualitas guru Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Fitroh
Cipondoh Kota Tangerang. 3. Untuk mengetahui apa saja factor penghambat
kurang
maksimalnya dalam peran kepala sekolah terhadap kualitas guru
Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Fitroh Cipondoh Kota Tangerang. Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif.
Teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan: 1. Guru PAI di SMP Al-Fitroh .Cipondoh Kota Tangerang
menunjukkan kualitas yang cukup baik. 2. Kepala sekolah memainkan peran
penting dalam meningkatkan kualitas guru PAI di SMP Al-Fitroh Cipondoh Kota
Tangerang. Kepala sekolah berperan sebagai educator, manajer, administrator,
supervisor, pemimpin, inovator, dan motivator. 3. Kurangnya disiplin guru,
penguasaan materi Pelajaran yang kurang memadai, dan keterbatasan sarana dan
prasarana.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Guru, Kualitas