Abstract :
Pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada Mata Pelajaran
Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 4 Kota Tangerang.
Literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu melalui
membaca, menulis, melihat, bahkan berkomunikasi, yang di akses secara digital untuk
menambah wawasan sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara literasi
digital terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan
di SMP Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Penelititan yang di gunakan pada
penelitian ini adalah motode penelitian Kuantitatif dengan Analisis Deskriptif. Adapun
sampel yang di gunakan adalah siswa siswi keals IX B SMP Muhammadiyah 4 kota
Tangerang yang berjumlah 34 siswa. Instumen penelitian yang di gunakan pada
penelitian ini adalah kuisioner (Angket) dan nilai rapot akhir siswa. Data di olah dan di
analisis menggunakan teknik analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif tidak signifikan sebesar 30% antara
literasi digital terhadap hasil belajar siswa kelas IX B pada mata pelajaran
Kemuhammadiyahan yang tergolong dalam tingkat sedang.
Kata Kunci : Literasi digital, Hasil belajar, Siswa kelas IX.