DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 4 KOTA TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
FITRIYANI, ANGGITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-12-12 05:15:19 
Abstract :
Pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu melalui membaca, menulis, melihat, bahkan berkomunikasi, yang di akses secara digital untuk menambah wawasan sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara literasi digital terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 4 Kota Tangerang. Penelititan yang di gunakan pada penelitian ini adalah motode penelitian Kuantitatif dengan Analisis Deskriptif. Adapun sampel yang di gunakan adalah siswa siswi keals IX B SMP Muhammadiyah 4 kota Tangerang yang berjumlah 34 siswa. Instumen penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah kuisioner (Angket) dan nilai rapot akhir siswa. Data di olah dan di analisis menggunakan teknik analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif tidak signifikan sebesar 30% antara literasi digital terhadap hasil belajar siswa kelas IX B pada mata pelajaran Kemuhammadiyahan yang tergolong dalam tingkat sedang. Kata Kunci : Literasi digital, Hasil belajar, Siswa kelas IX. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang