DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE POINT COUNTER POINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs NEGERI 3 KOTA TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
ASTUTI, ANIN DITA DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-12-12 07:25:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan metode pembelajaran kooperatif type point counter point pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.Agar siswa menjadi lebih aktif dan mandiri pada saat proses pembelajaran berlangsung sesuai dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif type point counter point dengan cara belajar kelompok. Siswa diberikan metode ini agar tidak monoton dalam pembelajaran sehingga siswa dapat aktif, mandiri, belajar menyenangkan dengan cara berkelompok, khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penulisan skripsi yang digunakan peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendeketan deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Dari hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah siswa lebih termotivasi dalam metode pembelajaran yang berbeda dari biasanya karena lebih mandiri dan lebih menyenangkan serta kelas menjadi efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dilihat dari nilai harian siswa baik kelompok maupun individu yang mengalami peningkatan. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, siswa mampu mencapai nilai tersebut yang diambil dari keseharian siswa baik nilai sikap, berpikir dan keterampilan. Kata Kunci: Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Type Point Counter Point dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Kota Tangerang. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang