Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan metode pembelajaran kooperatif
type point counter point pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.Agar siswa menjadi lebih
aktif dan mandiri pada saat proses pembelajaran berlangsung sesuai dalam penerapan metode
pembelajaran kooperatif type point counter point dengan cara belajar kelompok. Siswa diberikan
metode ini agar tidak monoton dalam pembelajaran sehingga siswa dapat aktif, mandiri, belajar
menyenangkan dengan cara berkelompok, khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam.
Penulisan skripsi yang digunakan peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif,
dengan pendeketan deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi,
wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan
sumber data sekunder.
Dari hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah siswa lebih termotivasi
dalam metode pembelajaran yang berbeda dari biasanya karena lebih mandiri dan lebih
menyenangkan serta kelas menjadi efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang dilihat dari
nilai harian siswa baik kelompok maupun individu yang mengalami peningkatan. Dengan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) 75 pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, siswa mampu
mencapai nilai tersebut yang diambil dari keseharian siswa baik nilai sikap, berpikir dan
keterampilan.
Kata Kunci: Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Type Point Counter Point dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di MTs Negeri 3 Kota Tangerang.