Abstract :
Skripsi ini membahas tentang kesulitan membaca permulaan pada Siswa Kelas II SDN Pasar
Kemis 1 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil
kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SDN Pasar Kemis 1 Kabupaten Tangerang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Kualitatif Deskriptif yang mana
memaparkan dan menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Populasi dalam penelitian
ini adalah Siswa Kelas II C SDN Pasar Kemis 1 Kabupaten Tangerang berjumlah 28 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mendeskripsikan tentang kesulitan membaca
permulaan pada Siswa Kelas II SDN Pasar Kemis 1 Kabupaten Tangerang. Faktor-faktor
yang menghambat Siswa dalam Kesulitan Membaca Permulaan Pada Kelas II SDN Pasar
Kemis 1 Kabupaten Tangerang banyak dipengaruhi Kurangnya Minat Belajar siswa,
Pendidikan Dini, dan faktor lingkungan keluarga. Hasil dari penelitian ini menunjukan siswa
Kelas II SDN Pasar Kemis 1 Kabupaten Tangerang dengan jumlah 28 siswa, terdapat 6 siswa
yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Bentuk kesulitan membaca permulaan yang
dialami siswa kelas II SDN Pasar Kemis 1 Kabupaten Tangerang adalah kesulitan mengenal
huruf, kesulitan membaca kata, dan kesulitan dalam membaca kalimat.