Abstract :
Inovasi bisa muncul dari berbagai sumber, dan umumnya dipicu oleh dorongan atau keinginan dalam diri individu untuk menciptakan sesuatu yang baru. Guru dengan kesadaran penuh melakukan pembaharuan dengan menggagas ide-ide dan inisiatif baru, serta memanfaatkan segala sesuatu yang terkait dengan proses pengajaran. Guru agama Islam sangat dipandang baik dengan siswa di mana seorang guru agama Islam selalu memberikan motivasi yang bersifat untuk mencerdaskan siswa sehingga siswa selalu mengerjakan shalat wajib berjamaah, mengaji, maupun membaca Al-Qur?an. Kecerdasan sangat penting untuk siswa agar melatih daya berpikir siswa. Siswa dapat berpengaruh terhadap kecerdasan dikarnakan dampak malas untuk berpikir, pada umumnya bisa dilihat dari segi ruang lingkup teman atau lingkungan sekitar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan apa saja bentuk dan langkah-langkah inovasi pembelajaran kelas VIII SMP Al-Fitroh Cipondoh Kota Tangerang, untuk mendeksripsikan bagaimana cara guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional,kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMP Al-Fitroh Cipondoh Kota Tangerang, untuk mendeksripsikan apa saja kekurangan dan kelebihan inovasi pembelajaran guru PAI agar siswa dapat melatih dalam kemampuan berpikir kelas VIII SMP Al-Fitroh Cipondoh Kota Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Untuk memudahkan data dan informasi yang akan mengungkapkan permasalahan penelitian berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang yang diamati. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Studi Dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa inovasi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan berpikir siswa kelas VIII SMP Al-Fitroh Cipondoh Kota Tangerang sudah maksimal walau ada beberapa siswa yang masih perlu diarahkan lagi. Karena berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah di paparkan di BAB IV, dapat ditarik kesimpulan yaitu menyebabkan adanya kekurangan dalam inovasi pembelajaran, kekurangan dalam inovasi pembelajaran yaitu dengan adanya faktor linkungan keluarga maupun lingkungan teman sebaya, dan juga kurangnya sarana prasana mengakibatkan pembelajaran kurang efektif. Dan juga masi banyak siswa yang masih dasar untuk mempelajari tentang agama. Untuk kelebihannya sebagian siswa ada yang sudah mendalami tentang agama, dan mampu mengahafal ayat suci al-qur?an maupun hadist-hadist.
Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran Guru Pai, Meningkatkan kecerdasan emosional, spiritual