DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 28 TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
ATHIRA, SARADHYA JASMINE
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2025-02-20 06:50:35 
Abstract :
Metode Card Sort merupakan salah satu metode berbasis active learning yang menggunakan kartu untuk mencari pasangan dengan kategori yang sama, yang kemudian didiskusikan dan dipresentasikan hasilnya. Dengan metode ini, guru diharapkan dapat menciptakan proses belajar yang edukatif dan interaktif sehingga siswa dapat benar-benar memahami dan mengingat pelajaran yang telah diberikan, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaraan dengan menggunakan metode konvensional dan pembelajaran dengan menggunakan metode card sort terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 28 Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Non-Equivalen Control Group Design dengan jenis penelitian Quasi-Eksperiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel kelas VIII A sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode card sort terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMPN 28 Tangerang. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen yaitu 73,33, sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 60,10. Dengan selisih yang signifikan yaitu 13. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan nilai independent sampel test pada kolom equal variance assumed dengan nilai thitung = 3,839 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Untuk mengetahui nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan nilai df = 68 dengan taraf signifikan ? = 0,05 adalah 1,668. Sehingga, nilai thitung > ttabel (3,839 > 1,668) H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis menyatakan ?Terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 28 Tangerang?. Kata Kunci: Metode Card Sort, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang