Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa menunjukkan minat dan partisipasi yang baik dalam kegiatan Rohis, terdapat beberapa masalah seperti ketidakhadiran yang tinggi. Ini dapat mempengaruhi keterlibatan siswa secara keseluruhan. Penting untuk menyelidiki faktor-faktor yang mendukung minat mereka dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini agar partisipasi di masa depan dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam (rohis) SMA Negeri Kabupaten Tangerang? 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam (rohis) SMA Negeri Kabupaten Tangerang?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam (rohis) SMA Negeri Kabupaten Tangerang. 2) Untuk mengetahui apa faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam (rohis) SMA Negeri Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam (Rohis) di SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang menunjukkan minat siswa yang cukup baik. Terdapat dari beberapa indikator minat seperti perasaan senang, perhatian, ketertarikan dan keterlibatan dapat disimpulkan bahwa minat siswa cukup terpengaruh dengan indikator tersebut. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam (Rohis) di SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang adalah disebabkan oleh faktor yang bersumber dari dalam diri siswa (Faktor Internal) dan dari luar diri siswa (Faktor Eksternal). Yang paling dominan terhadap faktor yang mempengaruhi minat ada faktor dari dalam diri siswa (Faktor Internal). Faktor internal ini mencakup minat siswa untuk belajar agama, belajar marawis, adanya keinginan untuk mengasah skill public speaking serta peluang untuk membangun banyak relasi teman.
Kata Kunci: Minat Siswa, Faktor Yang Mempengaruhi Minat, Ekstrakurikuler Rohis