DETAIL DOCUMENT
ANALISIS TEMATIK KONTEN DI TIKTOK PADA AKUN @nazwaadinda_02 DALAM MEMASARKAN PRODUK FASHION
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Author
Asri Kumala, Asri
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2025-02-21 04:19:26 
Abstract :
TikTok berfungsi sebagai media promosi yang kuat untuk berbagai bisnis dan lembaga untuk mempromosikan bisnis mereka karena memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan audiens yang lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana TikTok memasarkan produk fashion pada akun TikTok @nazwaadinda_02. Teori AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action) digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Studi ini menggunakan metode observasi pada akun TikTok @nazwaadinda_02 dengan 50 video sampel. Hasil penelitian menemukan 3 tema kategori bahwa Attention Interest (AI) dengan visual menarik dan suara populer mampu menarik perhatian dan minat meskipun tidak memiliki link penjualan. Tema Attention Interest Action (AIA) menampilkan visual menarik, suara popular dengan link penjualan di bio atau caption, dan pertanyaan interaktif tetapi tanpa deskripsi produk, cukup untuk mendorong tindakan (Action) melalui link penjualan tersebut. Tema Attention Interest Desire Action (AIDA) memadukan visual menarik, suara populer, link penjualan, rekomendasi pakaian, deskripsi pakaian, review produk, dan pertanyaan interaktif. TikTok terbukti sebagai media promosi yang efektif karena kontennya yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan penjualan produk fashion. Kata Kunci: Nazwa Adinda, Produk Fashion, Teori AIDA, TikTok 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Tangerang