DETAIL DOCUMENT
Analisis Strategi Pemasaran Produk Simpanan Pelajar Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Pahlawan Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Wimmy Ariseya Perdana
Subject
HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products 
Datestamp
2020-10-12 03:58:09 
Abstract :
Lembaga keuangan konvensional khususnya Bank BRI KC Pahlawan Surabaya memiliki beberapa produk Simpanan Tabungan. Salah satu produk Simpanan Tabungan yang terdapat pada Bank BRI KC Pahlawan Surabaya, yaitu Tabungan Simpanan Pelajar. Simpanan Pelajar adalah tabungan untuk siswa (PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA atau sederajat) yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia. Produk Tabungan Simpanan Pelajar dapat tersedia di bank-bank lain dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Produk Tabungan Simpanan Pelajar dalam meningkatkan jumlah nasabah pelajar pada Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Surabaya Pahlawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran yang diterapkan Bank BRI KC Pahlawan Surabaya adalah dengan menerapkan konsep Segmenting (Segmentasi), Targetting (Penentuan Pasar), Positioning (Pasar Sasaran), serta dengan menerapkan tujuh unsur yang terdapat pada bauran pemasaran atau marketing mix yakni strategi produk, strategi harga, strategi promosi, strategi tempat, pegawai, bukti fisik, dan proses. Strategi pemasaran Tabungan Simpanan Pelajar (Simple) dari waktu ke waktu mengalami peningkatan. Berdasarkan laporan, total jumlah nasabah dari produk Tabungan Simpanan Pelajar (Simple) pada Bank BRI KC Pahlawan Surabaya pada bulan Januari, Februari, dan Maret Tahun 2020 berhasil mengumpulkan jumlah nasabah sebanyak 15.659 nasabah. Pada implementasi strategi pemasaran produk Tabungan Simpanan Pelajar dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank BRI KC Pahlawan Surabaya yaitu, membuat program-program tabungan yang menarik seperti menyediakan desain-desain produk yang lucu dan menarik, menyediakan hadiah bagi mereka yang membuka tabungan agar nasabah lebih giat untuk menabung, melakukan bundling layanan perbankan untuk pelajar dan sekolah. 
Institution Info

Universitas Airlangga