DETAIL DOCUMENT
Penerapan Manajemen Risiko Dalam Meminimalisir Kredit Bermasalah Pada Kredit Ritel Di Pt. Bank Rakyat Indonesia(Persero) Tbk. Cabang Surabaya Pahlawan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Fikri Ari Hadiansyah
Subject
HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans 
Datestamp
2020-10-15 07:20:27 
Abstract :
Perbankan merupakan salah satu sektor yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Bank selaku lembaga intermediasi keuangan yang dikhususkan untuk membantu masyarakat. Melalui sektor ini, banyak kemudahan yang bisa didapatkan diantaranya memberikan kredit atau pinjaman yang mudah untuk diperoleh khalayak umum. BRI (Bank Rakyat Indonesia) adalah salah satu bank milik pemerintah yang mencoba membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya dalam segi keuangan. Bank BRI banyak menawarkan produk-produk yang mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi. Hal itu, tidak menutup kemungkinan adanya risiko yang terdapat pada produk-produk tersebut Diantara sekian banyak produk, kredit ritel yang paling berisiko tinggi.Definisi kredit ritel sendiri adalah kredit dan penyediaan dana lainnya dengan total eksposur (individual maupun group) sampai dengan lima milyar, baik direct maupun contingent. Tujuan dari penyusunan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen risiko dalam meminimalisir kredit yang bermasalah pada kredit ritel di PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Cabang Surabaya Pahlawan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dan sumber datanya berasal dari sumber data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bank BRI menggunakan 2 metode (Reschedulling dan Reconditioning) dalam menyelesaikan kredit bermasalah. Untuk meminimalisir risiko kredit, maka PT. Bank Rakyat Indonesia telah menerapkan manajemen risikonya. 
Institution Info

Universitas Airlangga