DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Innovation Culture Terhadap Financial Performance Dengan Green Innovation Dan Marketing Performance Sebagai Variabel Mediasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Patrick Aloysius Wijaya
Subject
HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products 
Datestamp
2020-10-21 14:13:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh innovation culture terhadap financial performance serta menguji peran green innovation dan marketing performance sebagai variabel mediasi pada pengaruh innovation culture terhadap financial performance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai sarana untuk memperoleh data serta menggunakan Partial Least Squares ? Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis. Kuesioner baik secara online dan offline, dengan menggunakan Skala Likert lima poin, disebarkan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur. Data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 156 sampel dari para pelaku UMKM di Provinsi Jawa Timur yang kemudian diolah serta dianalisis dengan software WarpPLS 6.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa innovation culture berpengaruh positif terhadap financial performance. Selain hasil tersebut, penelitian ini menunjukkan green innovation dan marketing performance memediasi sebagian hubungan innovation culture dan financial performance. Adapun penelitian ini masih berfokus pada UMKM yang berada di Jawa Timur sehingga perlu diperhatikan ketika menggeneralisasi hasil penelitian ini ke wilayah lain maupun jenis usaha lain. 
Institution Info

Universitas Airlangga