DETAIL DOCUMENT
Desain Sistem Informasi Penjualan Produk Bahan Pangan Organik Untuk Meningkatkan Pendapatan : Studi Kasus Ls Farm
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Muhammad Farizal Prasetya
Subject
HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products 
Datestamp
2020-10-21 14:24:33 
Abstract :
Perubahan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mengakibatkan meningkatnya permintaan produk pangan organik di pasaran. Penjualan langsung petani ke konsumen yang belum memungkinkan membutuhkan perantara untuk menjual produk pangan organik tersebut. Salah satu pemasok produk bahan pangan organik adalah LS Farm. Meningkatnya penjualan produk pangan organik karena pandemi Covid-19 ternyata tidak membuat pendapatan LS Farm meningkat. Analisis terhadap fenomena dilakukan pada WhatsApp Group penjualan menunjukkan sistem informasi akuntansi yang tidak terintegrasi menyebabkan banyaknya potong nota karena kesalahan pengiriman produk sehingga mengurangi pendapatan. Tujuan penelitian kali ini adalah menyusun rancangan sistem informasi penjualan (e-commerce) produk bahan pangan organik untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan pendapatan, dan mempertahankan bisnis UKM baik dengan meningkatkan efisiensi atau profitabilitas bisnis. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendukung UKM lokal untuk mempertahankan peran mereka sebagai pemasok dalam menumbuhkan pasar makanan organik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus LS Farm Mojokerto. Proses perancangan sistem ditampilkan dalam bentuk Data Flow Diagram, Flowchart, Business process Diagram, dan Entity Relationship Diagram. Report usulan sistem dari sisi penjualan diantaranya adalah laporan penjualan, laporan distribusi, laporan barang paling laku, dan laporan perbandingan harga 
Institution Info

Universitas Airlangga