DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Narsisme Ceo Terhadap Manajemen Laba Perusahaan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Jardine Azzahra Nadenka
Subject
HD28-70 Management. Industrial Management 
Datestamp
2020-10-21 14:48:06 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel narsisme CEO terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Populasi data pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016 hingga tahun 2018. Sampel data yang digunakan pada penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling. Setelah sampel dipilih, hasil data pengamatan yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 408 data, dengan pembagian masing-masing tahun 2016, tahun 2017, dan tahun 2018 sebanyak 136 data pengamatan. Data-data ini kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis regresi linier pada aplikasi SPSS v25.0, yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu untuk menilai pengaruh narsisme CEO terhadap manajemen laba tanpa adanya variabel kontrol dan dengan variabel kontrol. Hasil yang diperoleh dari kedua regresi linier tersebut adalah variabel narsisme CEO tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba perusahaan di Indonesia, baik tanpa adanya variabel kontrol maupun dengan adanya variabel kontrol. Kontribusi penelitian ini adalah penelitian ini membantu menjelaskan pengaruh narsisme CEO terhadap manajemen laba di Indonesia tidak signifikan. 
Institution Info

Universitas Airlangga