DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 48–72 Ulan Di TK Al-Furqon Dan TK Bunda Ghifari Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Nabila Ilma Nisa Rukmana
Subject
BF721-723 Child Psychology 
Datestamp
2020-11-02 04:20:32 
Abstract :
Latar Belakang: Menurut studi pendahuluan pada TK Al-Furqon dan TK Bunda Ghifari Surabaya didapatkan bahwa hampir seluruh (97,1%) anak di kedua TK tersebut menggunakan gadget. Menurut Kominfo, salah satu dampak negatif dari intensitas penggunaan gadget yang tinggi pada anak adalah kecanduan gadget yang dapat mengganggu interaksi sosial dan kontrol emosi anak. Hal tersebut dapat mengganggu perkembangan sosial emosional anak kedepannya dan mempersulit anak dalam mendapat penerimaan di lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak usia 48-72 bulan di TK Al-Furqon dan TK Bunda Ghifari Surabaya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan studi cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 126 anak dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel bebas adalah intensitas penggunaan gadget yang diukur menggunakan kuesioner. Variabel terikatnya adalah perkembangan sosial dan emosional anak yang diukur dengan Kuesioner Masalah dan Perilaku Emosional (KMPE). Analisis data menggunakan uji Spearman. Hasil: Sebagian kecil (19,0%) anak menggunakan gadget dengan intensitas rendah, hampir separuh anak menggunakan gadget dengan intensitas sedang sebesar 44,4% dan hampir separuh (36,5%) anak menggunakan gadget dengan intensitas tinggi. Sebagian besar (57,1%) anak memiliki perkembangan sosial emosional kategori normal. Hasil uji Spearman didapatkan nilai p = 0,000 (p<0,05) dengan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,628. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak usia 48-72 bulan di TK Al-Furqon dan TK Bunda Ghifari Surabaya. Intensitas penggunaan gadget yang tinggi akan meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kategori rujuk. 
Institution Info

Universitas Airlangga