DETAIL DOCUMENT
Peran Crowdfunding Online dalam Pengembangan IKM Masyarakat melalui Pembiayaan Berbasis Qardul Hasan Studi Kasus Qoloni.Com
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Syafril Alif Musafa
Subject
K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development 
Datestamp
2020-11-06 04:36:47 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Islamic crowdfunding dalam pengembangan bisnis melalui qardul hasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini membahas tentang Islamic crowdfunding dalam pengembangan bisnis melalui qardul hasan. Crowdfunding menjadi pilihan Qoloni karena donatur yang menyumbang bisa dari berbagai kalangan, dan dilakukan secara online untuk menjangkau kalangan luas yang menggunakan gadget. Akad yang digunakan oleh Qoloni adalah qardul hasan karena memberikan pinjaman yang dapat dicicil selama 12 bulan tanpa adanya bunga. Hasil penelitian ini menunjukkan Qoloni dalam hal pengembangan bisnis sangatlah membantu, tidak hanya dalam hal pengembangan bisnisnya saja, namun juga mengembangkan kualitas SDM. Namun kekurangan atau kendala yang dihadapi Qoloni adalah karena kesibukan para founder dan co-founder menyebabkan branding Qoloni kurang begitu besar, serta kemampuan mengajak lebih banyak orang untuk menyumbang juga masih belum optimal. 
Institution Info

Universitas Airlangga