DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Femvertising Terhadap Sikap Dan Niat Berperilaku Yang Dimoderasi Oleh Religiusitas
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Bunga Permata Samodra
Subject
HF5801-6182 Advertising 
Datestamp
2020-11-06 05:02:32 
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang pengaruh femvertising atau iklan yang menitikberatkan pada pemberdayaan perempuan, terhadap sikap dan niat berperilaku yang dimoderasi oleh religiusitas. Femvertising ini merupakan sebuah bentuk periklanan yang menentang iklan-iklan yang menggunakan perempuan sebagai pemanis atau bahan pemuas nafsu semata. Sudah ada sebagian orang yang tanggap dan menyadari pentingnya perempuan tidak digambarkan dalam stereotipe yang berbahaya bagi perempuan itu sendiri, sehingga beralih menggunakan femvertising sebagai opsi periklanan. Religiusitas yang dimasukkan sebagai variabel moderasi mengacu pada religiusitas Islam, melihat banyaknya jumlah penduduk muslim di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah kuesioner yang menggunakan skala Likert berskala lima, disebarkan secara daring (online). Jumlah responden sebanyak 190 mahasiswi muslim yang pernah membeli produk Wardah dan menyaksikan iklan Wardah bertema femvertising dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, yang didapat dari total 221 jumlah responden keseluruhan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software pengolah data WarpPLS 5.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa femvertising tidak berpengaruh terhadap sikap dan niat berperilaku yang dimoderasi oleh religiusitas. Hal ini bisa disebabkan karena persepsi dan praktek religiusitas dapat berbeda antar Muslim, tergantung budaya masing-masing. Bisa disebabkan pula oleh konsumen yang tidak bergantung pada religiusitas sebagai dasar pengambilan keputusan terkait dengan konsumsi. 
Institution Info

Universitas Airlangga