DETAIL DOCUMENT
Analisis Penerimaan Aplikasi E-Commers Bagi Generasi Baby Boomers Di Kota Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Gloria Christi Naviri Setiyawan
Subject
Z Bibliography. Library Science. Information Resources 
Datestamp
2020-12-03 20:27:51 
Abstract :
Adanya hubungan yang rumit antara generasi baby boomers dengan teknologi tidak menghentikan generasi ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai teknologi. Pelan tapi pasti mereka menerima adanya teknologi sebagai suatu percepatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari penelitian terdahulu yang mengatakan bahwa generasi baby boomers nyaman dalam menggunakan e-commerce untuk berbelanja. Untuk itu dalam penelitian ini akan diteliti mengenai penerimaan baby boomers terhadap aplikasi e-commerce ditinjau dari Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Sikap, Intensi, dan Penggunaan Sesungguhnya. Yang merupakan faktor utama dari TAM (Technology Acceptance Model) Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif yaitu menjelaskan hubungan dari faktor ? faktor TAM. Didapatkan responden sebanyak 60 generasi baby boomers. Data diolah dengan aplikasi SmartPLS. Yang mana kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa 5 Hipotesis diterima, terdapat hubungan yang signifikan antara Persepsi Kemudahan terhadap Persepsi Kegunaan, Persepsi kemudahan terhadap Sikap, Persepsi Kegunaan terhadap Sikap, Sikap terhadap Intensi, dan Intensi terhadap Penggunaan Sesungguhnya. Dan terdapat 1 hipotesis ditolak, yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Persepsi Kegunaan terhadap Intensi. Kelebihan dari penelitian ini adalah penelitian ini dapat menunjukan bahwa masih terdapat generasi baby boomers yang menerima aplikasi e-commerce sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sehari ? hari. 
Institution Info

Universitas Airlangga