DETAIL DOCUMENT
Literasi Media Sosial Di Kalangan Generasi Baby Boomers Di Kota Padang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Wira Agung Abrar
Subject
Z Bibliography. Library Science. Information Resources 
Datestamp
2020-12-03 20:31:41 
Abstract :
Media sosial menjadi tempat berbagi konten untuk baby boomers dalam kehidupan sehari-hari. Baby Boomers dalam penggunaan media sosial menjadi hal yang menarik untuk di kaji, dimana Baby Boomers sering kali disebut sebagai generasi yang sering menyebarkan hoak di media sosial. Baby boomers menjadi generasi yang perlu mengerti akan media sosial itu sendiri, dibantu dengan adanya literasi media sosial. Literasi media sosial ini sendiri memberikan gambaran bagaimana seharusnya media sosial di gunakan. Dengan dengan memiliki pemahaman akan 3 kompetensi literasi media sosial yang mana (1) kompetensi praktis, (2) kompetensi kognitif, dan (3) kompetensi afektif. Literasi media sosial dianggap literasi yang erat kaitanya dengan pemakaian atau penggunaan media sosial. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini diarahkan untuk mendapatkan gambaran dan keterangan akan literasi media sosial baby boomers di Kota Padang. Hasil didapatkan bahwa literasi media sosial baby boomers di kota padang berada pada kategori sedang. Hal tersebut dipenggaruhi oleh kognitif dari baby boomers itu sendiri. Kategori sedang pada literasi media sosial yang didapatkan baby boomers di Kota Padang menjadi bentuk dari salah satu dampak kognitif yang berkurang seiring dengan pertambahan usia yang dialami dan tentunya hal tersebut juga mempengaruhi pemakaian media sosial baby boomers di kehidupan. 
Institution Info

Universitas Airlangga