DETAIL DOCUMENT
Penyewaan Lapangan Baskhara Arena Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Epridianto Ilham Pradana Putra
Subject
A General Works 
Datestamp
2020-12-15 23:18:13 
Abstract :
Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sebuah program yang dapat menangani proses penyewaan lapangan Baskhara Arena Surabaya sehingga sistem menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan dan manipulasi data yang dapat menyebabkan terjadinya penyalahgunaan. Sistem ini menangani 5 proses utama yaitu registrasi pelanggan, pemesanan lapangan, pembayaran, pengelolaan lapangan, pembuatan laporan penyewaan. Dalam membuat Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Baskhara Arena Surabaya dibutuhkan lima tahap. Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat diagram fishbone. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Document Flow Diagram (Docflow), Hierarchy Chart yang mempunyai empat proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Selanjutnya desain basis data dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 8 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang meghasilkan 8 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah mengimplementasikan desain tersebut ke dalam MySQL dan program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem terhadap Baskhara Arena Surabaya dengan metode blackbox testing. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Baskhara Arena Surabaya yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada kegiatan pengadaan bahan baku yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat. 
Institution Info

Universitas Airlangga