DETAIL DOCUMENT
Prosedur Pemberian Pembiayaan Produktif Dan Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah (Studi Kasus Komparasi BPRS Bhakti Sumekar Dan BPR Jatim)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Annisa Aulia Safitri
Subject
HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance 
Datestamp
2020-12-08 07:36:28 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komparasisistem dan prosedur yang diterapkan BPRS Bhakti Sumekar dan BPR JATIM pada pemberian pembiayaan produktif dalam upaya meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah, proses monitoring pada pembiayaan produktif dan strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada BPRS Bhakti Sumekar dan BPR JATIM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Data pada penelitian ini diperoleh melaui wawancara dengan 8 informan sebagai data primer dan beberapa dokumen pendukung sebagai data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemberian pembiayaan produktif, BPRS Bhakti Sumekar dan BPR JATIM menerapkan strategi berupa analisa pembiayaan yang akurat dengan memperhatikan aspek 5C(character, capacity, capital, collateral dan condition) dan melakukan monitoring berupa pengawasan serta pelatihan untuk karyawan sebagai bentuk mitigasi risiko. Jika terjadi pembiayaan bermasalah akan dilakukan proses 3R (restructure / rescheduling/ reconditioning) oleh komite penanganan pembiayaan bermasalah apabila dinilai berpeluang dilakukan penyelamatan. Jika pembiayaan bermasalah tidak dapat diselamatkan maka akan dilakukan penjualan barang jaminan secara bersama atau melalui KPKNL. Terdapat perbedaan pada sistem dan prosedur pemberian pembiayaan produktif pada kedua lembaga terkait pemilihan produk, taksasi jaminan, penilai jaminan dan komite pembiayaan. Pada proses monitoring terdapat perbedaan pada BPRS Bhakti Sumekar dilakukanpemantauan sejak proses realisasi pembiayaan dengan terlibat langsung pada proses transaksi nasabah. Sedangkan pada strategi penanganan pembiayaan bermasalah terdapat perbedaan pada pembagian tugas, alur adnimistrasi dan penanganan tertentu pada nasabah. 
Institution Info

Universitas Airlangga