DETAIL DOCUMENT
Inovasi Sidoarjo Maternal Neonatal Emergency Sms Gateway (SIMANIES) Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Mne Rsud Kabupaten Sidoarjo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Pratiwi Mundian Sari
Subject
HD9980.5 Service industries 
Datestamp
2020-12-08 02:51:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaiamana inovasi Sidoarjo Maternal Neonatal SMS Gateway (SiManeis) dan menilai bagaimana kualitas pelayanannya. Terdapat standar operasioanal dalam penanganan rujukan terkait ibu melahirkan dan bayi di rumah sakit. Salah satu standar operasional yang digunakan yaitu respond time, dengan adanya standar operasional tersebut maka penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah yaitu Teori Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan dan Inovasi Pelayanan. Untuk mengetahui inovasi kualitas pelayanan kesehatan melalui SiManeis, peneliti menggunakan lima atribut inovasi menurut Rogers dan dimensi kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitaatif. Tipe penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Lokasi dalam penelitian ini yaitu di MNE RSUD Kabupaten Sidoarjo. Informan ditentukan dengan menggunakan purposive sampling bagi bidan, dokter dan petugas, sedangkan penentuan informan bidan perujuk menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi Sidoarjo Maternal Neonalatal SMS Gateway (SiManeis) telah memenuhi kelengkapan yang sesuai dengan atribut inovasi yang terdiri dari keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati. Kemudian, data dilapangan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan MNE telah baik jika dilihat dari dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. 
Institution Info

Universitas Airlangga