DETAIL DOCUMENT
Inovasi “6 In 1” Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Cahyo Bima Sakti Wibowo
Subject
HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice 
Datestamp
2020-12-08 04:11:10 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana inovasi 6 in 1 di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya dan menilai bagaimana kualitas pelayananannya. Latar belakang dari penelitian ini yaitu dikarenakan banyaknya jumlah yang mengurus sehingga menimbulkan antrian yang padat serta banyaknya biro jasa/calo sehingga memunculkan inovasi pelayanan ?6 in 1?. Inovasi 6 in 1 merupakan inovasi pelayanan yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses kepengurusan dokumen kependudukan secara online yang terdiri dari 6 layanan dalam satu platform. Teori yang digunakan adalah teori dari Mulgan & Albury untuk lima tipologi inovasi sektor publik. Kemudian teori dari Zeithaml, Berry, dan Parasuraman untuk lima dimensi kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Penetapan informan dengan teknik purposive dan accidental. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa inovasi 6 in 1 bila dilihat dari lima tipologi inovasi sektor publik telah berjalan dengan baik dengan adanya perubahan pada bentuk proses dan metode pelayanan yang dilakukan secara online. Serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya lima dimensi kualitas pelayanan publik. Namun demikian, inovasi ini memiliki beberapa kendala, yaitu masih banyakanya masyarakat yang belum mengetahui inovasi ini dan masih banyaknya masyarakat yang belum memahami penggunaan teknologi. 
Institution Info

Universitas Airlangga