DETAIL DOCUMENT
Konsep Kecantikan Produk Viva Cosmetics Dalam Iklan Di Media Massa Pada Tahun 1970-1980
Total View This Week8
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Khoirul Hidayah
Subject
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform 
Datestamp
2021-07-29 12:03:43 
Abstract :
Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang dalam hal kecantikan. Diawali pada zaman kolonis Belanda yang telah mengokupasi Indonesia tiga setengah abad membentuk sejarah kecantikan yang dibawa oleh mereka dengan standart kecantikan barat, hingga masa Orde Baru yang kembali lagi kepada konsep kecantikan ala keraton. Beberapa industri kecantikan hadir dengan konsep kecantikan yang dibawa dari masing-masing produk. Viva Cosmetik hadir dengan formulasi yang cocok digunakan pada kulit dengan iklim tropis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari pengumpulan data (heuristik), kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Sumber yang digunakan adalah artikel yang terbit di surat kabar dan majalah sejaman yang berkaitan dengan Viva Cosmetics tercatat di Majalah Femina, Sarinah. Gadis, Liberty, Kartini dan Koran Jawa Pos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kecantikan dari produk Viva Cosmetics yang digambarkan melalui iklan dalam media masa pada 1970-1980. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya fakta mengenai konsep kecantikan yang dibentuk oleh produk Viva Cosmetics. Pada awal kehadirannya Viva Cosmetics konsisten dengan konsep kecantikan yang menggambarkan wanita yang cantik adalah yang memiliki kulit sehat, segar dan berseri. Pada tahun 1980, dengan hadirnya sub-brand baru yaitu Viva White maka konsep kecantikan Viva sedikit demi sedikit memperluas konsep kecantikannya yang mengarah pada kulit cerah. 
Institution Info

Universitas Airlangga