DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dan Metode Pembelajaran Dengan Kelelahan Siswa SMA di Kota Surabaya
Total View This Week7
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Hadyan Adi Darma, '-
Subject
BF721-723 Child Psychology 
Datestamp
2021-10-12 04:12:22 
Abstract :
Kelelahan adalah suatu kondisi / keadaan yang ditandai oleh kapasitas berkurang untuk melakukan suatu kegiatan dan mengurangi efisiensi prestasi, biasanya disertai dengan perasaan letih dan lemah. Kelelahan pada siswa disebabkan oleh banyak faktor contohnya adalah lingkungan belajar siswa dan metode pembelajaran yang digunakan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dan metode pembelajaran siswa dengan kelelahan siswa kelas XII SMA/sederajat tahun ajaran 2020/2021 di Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis cross sectional . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA/sederajat di Kota Surabaya. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 212 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode angket. Hasil uji analisis statistik menggunakan Fisher’s Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan dan signifikan antara lingkungan belajar dan metode pembelajaran siswa dengan kelelahan siswa kelas XII SMA/sederajat tahun ajaran 2020/2021 di Kota Surabaya. Besarnya hubungan dilihat dari uji Fisher’s Chi Square dan terdapat hubungan positif antara variabel metode pembelajaran dengan kelelahan sebesar 0,048 dengan 
Institution Info

Universitas Airlangga