Abstract :
Peningkatan pengguna internet mendorong endorser memasarkan suatu produk bergeser ke media online seperti Youtube.kegunaan media online Youtube oleh endorser membuat daya tarik tersendiri dan berpotensi mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang perlu diperhatikan oleh para pemasar dalam memasarkan produknya sehingga bisa mencapai tingkat purchase intention konsumen yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei dengan menyebarkan 210 kuisioner pada penonton Youtube yang pernah melihat Atta Halilintar dan mengetahui produk fashion AHHA. Dengan pengujian menggunakan struktural equation model (SEM) menunjukkan hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pemasar. Hasil yang diperoleh adalah attitude homophily berpengaruh signifikan terhadap hubungan endorser credibility, hubungan attitude homophily berpengaruh signifikan terhadap parasocial interaction, hubungan social atractiveness berpengaruh signifikan terhadap parasocial interaction, hubungan self disclosure berpengaruh terhadap parasocial interaction, hubungan endorser credibility berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, hubungan parasocial interaction berpengaruh signifikan terhadap purchase intention penonton Atta Halilintar. Implikasi studi ini adalah endorser yang memiliki kepribadian, kredibilitas dan interaksi parasosial yang di sukai oleh penonton akan mempengaruhi niat beli penonton