DETAIL DOCUMENT
Analisis Customer Value Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik UNESA
Total View This Week11
Institusion
Universitas Airlangga
Author
Denita Mayasari Sitio, '-
Subject
RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics 
Datestamp
2021-10-15 08:32:53 
Abstract :
Poliklinik UNESA adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang terdapat di kampus UNESA yang melayani civitas akademika dan masyarakat. Pertumbuhan pasien Poliklinik UNESA cenderung fluktuatif bahkan dapat dikatakan mengalami penurunan yang signifikan. Pada tahun 2018 pertumbuhan pelayanan pasien Poliklinik UNESA menurun dari tahun sebelumnya dengan persentasi sebesar -5,20 %. Pada tahun 2019 pertumbuhan pelayanan pasien Poliklinik UNESA merosot tajam yaitu sebesar -30,32 % dari tahun sebelumnya. Hal ini mengindikasikan bahwa telah terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien di tahun 2019 yang sangat tajam dibandingkan periode tahun sebelumnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2021 dengan menggunakan pendekatan observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode online menggunakan google formulir. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 137 orang yang terdiri dari mahasiswa yang masih aktif kuliah saat penelitian ini dilakukan, pegawai yang masih aktif bekerja di UNESA dan masyarakat umum yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan di Poliklinik UNESA. Hasil dalam penelitian ini adalah sebanyak 83 orang responden (60,6%) memiliki penilaian yang cukup baik terhadap emotional value, 79 orang responden (57,7%) memiliki penilaian yang cukup baik terhadap social value, 95 orang responden (69,3%) memiliki penilaian yang cukup baik terhadap quality/performance value dan 99 orang responden (72,3%) memiliki penilaian yang cukup baik terhadap price/value of money. Sebanyak 98 orang responden (71,5%) cukup puas terhadap pelayanan di Poliklinik UNESA dan sebanyak 98 orang responden (71,5%) cukup loyal terhadap pelayanan di Poliklinik UNESA. Karakteristik pasien memiliki signifikasi lebih kecil dari pada alpha terhadap costumer value, Customer value memiliki signifikasi lebih kecil dari pada alpha terhadap kepuasan pasien. Selain itu, kepuasan pasien memiliki signifikasi lebih kecil dari pada alpha terhadap loyalitas pasien. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa karakterikstik pasien berpengaruh terhadap costumer value, customer value berpengaruh pada kepuasan pasien dan kepuasan pasien berpengaruh pada loyalitas pasien. 
Institution Info

Universitas Airlangga