Abstract :
Pada saat ini sepeda motor tidak hanya digunakan sebagai sarana transportasi, lebih
dari itu sepeda motor telah menjadi bagian dari gaya hidup modern masyarakat di kota besar
di Indonesia. Salah satu tipe motor yang banyak digunakan sebagai sarana hobi adalah
Kawasaki Ninja 250. Kawasaki Ninja 250 menargetkan masyarakat dengan pendapatan
menengah ke atas. Di Surabaya, terdapat banyak pengguna Kawasaki Ninja 250, hal ini
menunjukkan bahwa Kawasaki Ninja 250 telah menjadi sepeda motor favorit di kota
Surabaya. Fenomena tersebut yang menhadi latar belakang dilakukannya penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand differentiation terhadap
brand relationship pada konsumen Kawasaki Ninja 250, untuk mengetahui pengaruh brand
reputation terhadap brand relationship pada konsumen Kawasaki Ninja 250, untuk
mengetahui pengaruh brand tribalism terhadap brand relationship pada konsumen Kawasaki
Ninja 250. Sampel pada penelitian ini adalah 100 pengguna Kawasaki Ninja 250 di Surabaya.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis nregresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand differentiation (X1) berpengaruh
negatif signifikan terhadap brand relationship (Y), variabel brand trust (X2) berpengaruh
signifikan terhadap brand relationship (Y), variabel brand reputation (X3) berpengaruh
signifikan terhadap brand relationship (Y), dan brand tribalism (X4) tidak berpengaruh
terhadap brand relationship (Y).